Pengantar Tentang Logam Mulia

1. Untuk yang belum kenal #LM, berikut ini saya coba jelaskan secara ringkas ya..

2. #LM adalah singkatan dari salah satu produknya PT. Aneka Tambang (Antam) yaitu Logam Mulia.

3. #LM adalah emas 24 karat atau 99,99%. Dicetak berbentuk batangan persegi panjang dalam berbagai ukuran berat.

4. Karena jumlahnya yang terbatas di alam, maka nilai emas seperti halnya tanah selalu naik. Meskipun setahun terakhir memang ada anomali. #LM (Twit ditulis pada 2013-red)

 

100yrsgold

 

5. Nilai emas, minimal selalu mengikuti inflasi. Maka emas bisa menjadi penjaga nilai harta kita sekarang. #LM

6. Disebutkan di zaman nabi, kambing bisa dibeli seharga 1 dinar. Maka sekarangpun nilai kambing masih bisa dibeli seharga 1 dinar. #LM

7. Dinar sendiri adalah koin emas 22karat dengan berat 4,25gr. #LM

Dinar keluaran antam

8. Tentang investasi #LM, baiknya digunakan untuk jangka panjang. Sebab kenaikan harganya belum signifikan bila disimpan kurang dari 1-5 tahun. (Namun di tahun 2015-2016 kenaikan harga LM cukup luar biasa sehingga menyimpannya dalam 1 tahun saja sudah menghasilkan kentungan.-tambahan edit)

9. Meskipun, bila keadaan darurat terjadi dan kita perlu ‘mencairkan’ segera, #LM adalah harta likuid. Dibawa ke toko emas pasti dibeli. (InsyaAllah tergantung ukuran toko emasnya. Sebaiknya pilih toko emas besar jika menjual jumlah dan pecahan besar. -tambahan edit)

10. Adapun untuk menjual #LM ke toko emas, nilai buyback atau harga beli toko dari konsumen akan berbeda-beda satu sama lain.

11. Harga jual #LM di antam dengan toko emas bisa berbeda. Begitu pula harga toko emas satu dengan lainnya berbeda-beda.

12. Kenapa bisa berbeda? Bisa jadi karena adanya faktor kelangkaan dan perbedaan marjin di tiap distributor. #LM

13. Namun, meskipun berbeda satu sama lain. Penentuan harga #LM tetap memiliki kesamaan patokan yaitu harga emas dunia dan kurs dolar.

14. Kadang harga #LM juga dipengaruhi situasi politik dan perdagangan saham. Tapi karena saya bukan pengamat, maka faktor ini kurang saya pahami.

 

 

Membeli LM dari Antam langsung lebih murah? Tidak juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Posted by: admin on

Tags: , , , , ,

Need Help? Chat with us